Cara Memulihkan File yang Terhapus Secara Tidak Sengaja

Recovery

Cara Memulihkan File yang Terhapus Secara Tidak Sengaja


Apakah Anda pernah mengalami kepanikan saat menyadari bahwa file penting Anda telah terhapus secara tidak sengaja? Apakah Anda berpikir bahwa file tersebut sudah hilang selamanya dan tidak bisa dikembalikan lagi? Jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan file yang terhapus di laptop atau PC Anda. Artikel ini akan menjelaskan cara-cara tersebut dengan mudah dan lengkap.


Pendahuluan yang Menarik

"File adalah salah satu aset digital yang paling berharga bagi setiap orang. File bisa berisi dokumen, foto, video, musik, atau data lainnya yang memiliki nilai penting bagi kita. Namun, terkadang kita bisa saja secara tidak sengaja menghapus file yang kita butuhkan atau inginkan. Hal ini tentu saja bisa membuat kita stres dan panik, apalagi jika file tersebut tidak memiliki backup atau salinan."

Mungkin Anda pernah mengalami situasi seperti itu, atau mungkin Anda sedang mengalaminya sekarang. Jika demikian, Anda tidak perlu putus asa, karena masih ada harapan untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memulihkan file yang terhapus di laptop atau PC Anda, baik dengan menggunakan fitur bawaan Windows maupun dengan menggunakan aplikasi khusus. Artikel ini akan membahas cara-cara tersebut secara detail dan langkah demi langkah.


Konsep Dasar dan Terminologi

Sebelum kita membahas cara-cara memulihkan file yang terhapus, ada baiknya kita memahami beberapa konsep dasar dan terminologi yang terkait dengan proses ini. Berikut adalah beberapa istilah yang perlu Anda ketahui:

  • File: File adalah kumpulan data atau informasi yang disimpan di dalam media penyimpanan, seperti hard disk, flash disk, atau kartu memori. File bisa berupa teks, gambar, suara, video, atau format lainnya.

  • Folder: Folder adalah tempat untuk menyimpan file-file yang memiliki kategori atau jenis yang sama. Folder bisa berisi file-file maupun folder-folder lainnya.

  • Recycle Bin: Recycle Bin adalah tempat untuk menyimpan file-file yang dihapus secara sementara dari media penyimpanan. File-file yang ada di Recycle Bin masih bisa dipulihkan atau dikembalikan ke tempat semula.

  • Restore: Restore adalah proses untuk mengembalikan file-file yang ada di Recycle Bin ke tempat semula.

  • Delete: Delete adalah proses untuk menghapus file-file dari media penyimpanan. File-file yang di-delete akan masuk ke Recycle Bin, kecuali jika ukurannya melebihi kapasitas Recycle Bin atau jika di-delete dengan menggunakan tombol Shift + Delete.

  • Shred: Shred adalah proses untuk menghapus file-file secara permanen dari media penyimpanan. File-file yang di-shred tidak akan masuk ke Recycle Bin dan tidak bisa dipulihkan lagi dengan cara biasa.4

  • Recovery: Recovery adalah proses untuk memulihkan file-file yang sudah terhapus secara permanen dari media penyimpanan. Recovery membutuhkan aplikasi khusus yang bisa mencari dan menemukan kembali file-file yang sudah hilang.4

Baca Juga: 5 Tips Mengoptimalkan Kinerja Game di PC Anda


Penjelasan yang Mendalam

Setelah memahami konsep dasar dan terminologi yang terkait dengan proses memulihkan file yang terhapus, sekarang kita akan membahas cara-cara untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda coba:


Cara 1: Mengecek Recycle Bin

Cara pertama dan paling mudah untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan mengecek Recycle Bin. Recycle Bin adalah tempat dimana file-file yang di-delete biasanya tersimpan secara sementara. Jadi, jika Anda baru saja menghapus file secara tidak sengaja, kemungkinan besar file tersebut masih ada di Recycle Bin dan bisa dipulihkan dengan mudah.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengecek Recycle Bin dan memulihkan file yang terhapus:

  1. Buka folder Recycle Bin. Anda bisa menemukannya di desktop atau di Windows Explorer.

  2. Cari file yang ingin Anda kembalikan. Anda bisa menggunakan fitur search atau sort untuk mempermudah pencarian.

  3. Klik kanan pada file tersebut dan pilih Restore. File tersebut akan kembali ke tempat semula sebelum di-delete.

  4. Selesai. Anda bisa membuka file tersebut seperti biasa.


Cara 2: Mengembalikan Versi Sebelumnya

Cara kedua untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan mengembalikan versi sebelumnya dari folder yang berisi file tersebut. Versi sebelumnya adalah salinan file dan folder yang disimpan Windows secara otomatis sebagai bagian dari titik pemulihan. Versi sebelumnya terkadang dikenal sebagai salinan bayangan.5

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengembalikan versi sebelumnya dari folder yang berisi file yang terhapus:

  1. Buka folder yang berisi file yang terhapus. Anda bisa menemukannya di Windows Explorer atau dengan menggunakan fitur search.

  2. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih Properties.

  3. Pilih tab Previous Versions. Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari folder tersebut beserta tanggal dan waktu pembuatannya.

  4. Pilih versi sebelumnya yang ingin Anda kembalikan. Pastikan versi tersebut masih berisi file yang terhapus.

  5. Klik Restore untuk mengembalikan versi sebelumnya tersebut ke folder aslinya. File yang terhapus akan kembali ke tempat semula.

  6. Selesai. Anda bisa membuka file tersebut seperti biasa.

Baca Juga: Tips Memilih Pelindung Layar Smartphone: Hidrogel, Tempered Glass, atau Cairan Nano?


Cara 3: Menggunakan Cadangan

Cara ketiga untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan menggunakan cadangan atau backup. Cadangan adalah proses untuk menyimpan salinan file-file penting Anda di media penyimpanan lain, seperti hard disk eksternal, flash disk, atau cloud storage. Cadangan berguna untuk mencegah kehilangan data jika terjadi kerusakan, virus, atau kesalahan pada media penyimpanan utama Anda.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan file yang terhapus dengan menggunakan cadangan:

  1. Hubungkan media penyimpanan cadangan Anda ke laptop atau PC Anda. Pastikan media penyimpanan tersebut bisa dibaca oleh Windows.

  2. Buka media penyimpanan cadangan Anda dan cari file yang ingin Anda kembalikan. Anda bisa menggunakan fitur search atau sort untuk mempermudah pencarian.

  3. Salin atau pindahkan file tersebut ke media penyimpanan utama Anda atau ke folder yang diinginkan.

  4. Selesai. Anda bisa membuka file tersebut seperti biasa.


Cara 4: Menggunakan Aplikasi Recovery

Cara keempat dan terakhir untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan menggunakan aplikasi recovery. Aplikasi recovery adalah aplikasi khusus yang bisa mencari dan menemukan kembali file-file yang sudah terhapus secara permanen dari media penyimpanan Anda. Aplikasi recovery bekerja dengan cara menganalisis struktur data dan alamat dari file-file yang hilang dan mencoba merekonstruksinya kembali.

Berikut adalah langkah-langkah untuk memulihkan file yang terhapus dengan menggunakan aplikasi recovery:

  1. Unduh dan instal aplikasi recovery yang sesuai dengan sistem operasi dan media penyimpanan Anda. Ada banyak aplikasi recovery gratis maupun berbayar yang bisa Anda pilih, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Data Recovery, dll.

  2. Jalankan aplikasi recovery dan pilih media penyimpanan yang ingin Anda periksa. Pastikan media penyimpanan tersebut tidak digunakan untuk menyimpan data baru agar tidak menimpa data lama yang hilang.

  3. Mulai proses scan atau pencarian file-file yang hilang. Proses ini bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam, tergantung pada ukuran dan kondisi media penyimpanan Anda.

  4. Setelah proses scan selesai, pilih file-file yang ingin Anda kembalikan dari daftar hasil scan. Biasanya, aplikasi recovery akan menampilkan nama, ukuran, jenis, lokasi, dan kondisi dari file-file tersebut.

  5. Klik Recover atau Restore untuk mengembalikan file-file tersebut ke media penyimpanan lain. Pastikan Anda tidak mengembalikan file-file tersebut ke media penyimpanan yang sama dengan yang Anda scan, karena hal ini bisa menyebabkan konflik atau kerusakan data. Pilih lokasi yang aman dan berbeda untuk menyimpan file-file yang dipulihkan.
  1. Selesai. Anda bisa membuka file-file tersebut seperti biasa.

Baca Juga: Tips dan Trik untuk Mengamankan Perangkat IoT Anda


Manfaat dan Keunggulan

Dengan menggunakan aplikasi recovery, Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dan keunggulan, antara lain:

  • Anda bisa memulihkan file-file yang sudah terhapus secara permanen dari media penyimpanan Anda, bahkan jika file-file tersebut tidak ada di Recycle Bin atau sudah di-shred.

  • Anda bisa memulihkan file-file yang terhapus karena berbagai sebab, seperti virus, format, partisi, kerusakan, dll.

  • Anda bisa memulihkan file-file dengan berbagai jenis dan format, seperti dokumen, foto, video, musik, dll.

  • Anda bisa memilih file-file yang ingin Anda kembalikan dari daftar hasil scan yang disediakan oleh aplikasi recovery. Anda juga bisa melihat pratinjau file-file tersebut sebelum mengembalikannya.

  • Anda bisa menghemat waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk membuat ulang atau mencari kembali file-file yang hilang.


Aplikasi Praktis

Berikut adalah beberapa contoh konkret tentang bagaimana cara memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

  • Jika Anda seorang pelajar atau mahasiswa, Anda bisa memulihkan tugas-tugas atau proyek-proyek yang terhapus karena kesalahan atau virus. Anda tidak perlu khawatir kehilangan nilai atau waktu untuk membuat ulang tugas-tugas atau proyek-proyek tersebut.

  • Jika Anda seorang pekerja atau profesional, Anda bisa memulihkan dokumen-dokumen penting atau data-data bisnis yang terhapus karena kesalahan atau virus. Anda tidak perlu khawatir kehilangan informasi atau kredibilitas di depan klien atau atasan Anda.

  • Jika Anda seorang fotografer atau videografer, Anda bisa memulihkan foto-foto atau video-video hasil karya Anda yang terhapus karena kesalahan atau virus. Anda tidak perlu khawatir kehilangan karya-karya seni atau kenangan Anda.

  • Jika Anda seorang penggemar musik atau film, Anda bisa memulihkan lagu-lagu atau film-film favorit Anda yang terhapus karena kesalahan atau virus. Anda tidak perlu khawatir kehilangan hiburan atau kesenangan Anda.

Baca Juga: Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di Rumah Anda


Ringkasan dan Pemikiran Akhir

Demikianlah artikel ini tentang cara memulihkan file yang terhapus secara tidak sengaja. Artikel ini telah menjelaskan beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan file yang terhapus di laptop atau PC Anda, baik dengan menggunakan fitur bawaan Windows maupun dengan menggunakan aplikasi khusus. Artikel ini juga telah menyertakan data, fakta, dan sumber terpercaya yang mendukung penjelasan saya.

Saya harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan pembaca Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau masukan tentang artikel atau gambar yang saya buat, silakan beritahu saya. Saya senang mendengar pendapat Anda. 😊

 

Lebih baru Lebih lama

Tag Terpopuler